Langsung ke konten utama

Jurang Tembelan Magunan, Rute, Wahana & Tiket Terbaru 2019

Yogyakarta merupakan Daerah yang selalu menjadi sorotan saat liburan datang, pasalnya banyak orang yang menilai jika wilayah Jogja memiliki banyak pilihan tempat wisata unik dan menarik. Salah satunya objek wisata alam di kawasan Mangunan. yaitu jurang tembelan yang mendadak menjadi perbincangan di jejaring sosial Instagram karena banyak orang yang upload hasil foto menarik yang di dapat dari lokasi kece tersebut.

Wisata alam jurang tembelan memang ngak terlalu asing di telinga masyarakat Bantul dan sekitarnya, sebab objek wisata alam ini sering menjadi pusat tujuan para warga Bantul untuk melepas penat saat liburan datang.

Jurang tembelan Mangunan sendiri merupakan kawasan liburan yang terkenal akan nuansa perbukitannya, yang mana selain disuguhkan hamparan pegunungan sewu yang luas, kita juga bakal menjumpai kecantikan aliran sungai Oya yang ada di kaki bukit.

Keseruan yang bisa kamu nikmati selain pemandangan alam ialah deretan wahan spot foto yang menempel di dinding perbukitan, hal tersebutlah yang membuat tempat ini dinamakan Jurang tembelan atau jurang yang banyak di tempeli wahana spot foto kece.

Untuk wahana yang paling digemari wisatawan ialah perahu kayu yang terletak di dataran paling atas, dan terdapat dua buah gardu pandang berbentuk perahu yang bisa di nikmati pengunjung. wahana perahu ini sendiri memiliki view yang menarik saat sunrise di pagi hari, karene kabut awan tebal bakal menyelimuti bagian bawah gardu ini. sehingga pengunjung seakan di bawa ke nuansa atas langit.
Instagram by @jogja_private_tour
Keseruan lain selain wahana kapal kayu ialah wahana pesawat tempur dan ayunan yang terletak di dataran lebih rendah dengan menuruni anak tangga, kamu bisa menikmati wahana tersebut secara bebas bergantian dengan pengunjung lain.

Baca Juga : Bukit Panguk Kediwung, Rute, Wahana & Tiket Terbaru

Meski jurang tembelan terletak di kawasan alam, namun para pengunjung tidak bisa bercamping, jadi kawasan jurang tembelan hanya cocok buat berburu spot foto di atas perbukitan dengan beberapa wahana spot saja. jika kamu pengen bermalan di kawasan Mangunan, ada kok alternatifnya, yaitu di homestay terdekat berupa pondok kayu yang lumayan lengkap fasilitasnya dengan biaya sewa kisaran Rp. 250.000,- sampai Rp. 350.000,-.
Instagram by @silvisepthia_
Dan perlu diinget lagi ya, kawasan jurang tembelan tidaklah begitu luas seperti kebun buah mangunan, hutan pinus pengger atau seperti puncak becici, tetapi hanyalah wisata spot foto di atas perbukitan tinggi, namun nuansa sekeliling area bakal menyuguhkan pemandangan yang eksotis dan sejuk.

HARGA TIKET MASUK JURANG TEMBELAN

Untuk HTM lokasi jurang tembelan, kamu akan dikenakan biaya Rp. 2.500,- perorang, Sedangkan untuk parkir motor Rp. 2.000,- dan mobil Rp. 5.000,- serta kendaraan berjenis elef Rp. 10.000,-.
Instagram by @agus_risna
Menariknya, semua wahana spot bisa dinikmati secara gratis, tanpa biaya terusan atau tambahan.

ALAMAT ATAU LOKASI JURANG TEMBELAN

Terletak di Dusun Kanigoro, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

RUTE LOKASI JURANG TEMBELAN MANGUNAN

Untuk penunjuk rute, tergolong mudah di cari, karena di beberapa titik sekitar 2 kilometer sudah terpampang beberapa penunjuk arah jurang tembelan.

Jika kamu dari Bantul, kamu bisa melaju ke arah timur melewati Jl. Imogiri Dlingo kurang lebih 16 kilometer hingga sampai di Desa Mangunan.

Jika kamu naik motor dari kecamatan Dlingo, kamu bisa melalu Jl. Seropan 2 dan berlanjut belok ke kanan ke Jl. Imogori Dlingo pada pertigaan di Dusun Sukorame Desa Muntuk. sekitar 250 meter, kamu bakal menjumpai  pertigaan berbenyuk Y, dan ambil arah lurus atau kiri, lalu jalan lurus terus mengikuti jalan kurang lebih 1 kilometer kamu udah sampai di Dusun Kediwung, dari Dusun tersebut kamu bis bertanya ke beberapa warga, karena jaraknya hanya tinggal 800 meter aja. dan pastinya bakal banyak papan penunjuk arah. di sepanjang persimpangan jalan.

Baca Juga : Watu Goyang Mangunan

Atau lebih mudahnya kamu bisa memanfaatkan Goole Maps sebagai penunjuk arah dengan mengetikan lokasi Desa Mangunan. karena dari Desa tersebut kamu udah mudah menemukan lokasinya.

FASILITAS DI JURANG TEMBELAN

Ukntuk kenyamanan pengunjung saat berlibur, pengelola juga menyediakan beberapa fasilitas pendukun, antara lain ;
  • Warung makan dan warung kopi. yang berada di luar pintu masuk.
  • Area Parkir yang luas.
  • Toilet.
  • Beberapa Gazebo untuk bersantai.
  • Musholla.

Itulah beberapa info yang bisa saya berikan pada kesempatan kali ini tentang wisata alam spot foto jurang tembelan yang terletak di Desa Mangunan - Jogja. terimakasih, semoga berlibur kamu lancar dan sesuai jadwal yang di rencanakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

22 Tempat Wisata Di Sumedang Terbaru Yang Menarik & Hits Tahun Ini

Wisata Sumedang -  Selain dikenal dengan makanan tahu, ternyata Sumedang punya banyak lokasi kekinian seru buat di jelajahi saat liburan akhir pekan atau akhir tahun bersama keluarga. Sumedang ialah salah satu Daerah tingkat II (dua) di Provinsi Jawa Barat yang terletak di dataran tinggi dan mayoritas berbukit serta dipenuhi kawasan hutan yang rindang pepohonan tinggi, menjadikan Kabupaten Sumedang salah satu Daerah yang potensial akan pengembangan sektor wisata alam. berbagai macam jenis objek wisata alam mulai dari air terjun, sumber mata air, danau hingga puncak pegunungan bakal menjadi santapan lezat buat ngusir rasa stres fikiran akibat banyaknya aktifitas kerja. Sedangkan untuk pelengkap nuansa keseruan, terdapat pula beragam wana spot foto kekinian yang di tebar di beberapa titik lokasi wisata alam hingga memunculkan suasana romantis serta daya tarik bagi setiap wisatawan saat lagi hunting keseruan di Sumedang. Ngak usah berlama - lama, berikut dibawah merupakan rekomendasi 22 t

60 Tempat Wisata di Jember Terbaru Yang Lagi Hits Tahun ini

Lagi nyari objek liburan di Jember? simak 60 Tempat Wisata di Jember terbaru tahun 2019 yang menarik dikunjungi ini aja, bakal ada wisata alam, kolam renang, wisata spot foto hits kekinian yang murah dan mewah serta buat liburanmu penuh sensasi yang tak terlupakan. Sebelum merangkum daftar tempat wisata, saya pengen mengulas sedikit tentang Daerah Jember, jika menilik pada data geografis, Kabupaten Jember merupakan sebuah wilayah di provinsi jawa timur yang terletak di pesisir laut selatan Pulau Jawa. selain itu, Kabupaten Jember juga di apit oleh beberapa Wilayah Kabupaten, diantaranya Bayunwangi di sebelah timur atau persisnya di perbatasan Taman Nasional Meru Betiri, kemudian ada Lumajang di sebelah barat dan Bondowoso di bagian utara. Kemudian secara topografi, Kabupaten Jember merupakan Wilayah yang memiliki banyak perbukitan gunung, seperti Pegunungan Iyang, Argapuro, Raung, Gambir, Mayang, Gumilir dan masih ada beberapa pegunungan kecil yang membentang luas, sehingga tak kaget k

24 Tempat Wisata Di Barru Yang Populer Dan Menarik Dikunjungi

Rencana Liburan ke Barru? ngak usah bingung, ini dia 24 rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Barru yang bisa anda kunjungi tahun 2019 bersama keluarga, pastinya seru, ngehits dan menarik buat hunting view spot yang instagramable yang bikin kita ketagihan. Sebelum menengok keindahan objek wisata Kabupaten Barru, ngak ada salahnya kita mengenal sedikit tentang Wilayah ini. Barru, salah satu Kabupaten dalam ruang lingkup Kepulauan Sulawesi yang secara administratif terletak di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Jika di lihat secara topografi, Kabupaten Barru berada di Daerah pesisir laut yang mana sebagian Wilayahnya berupa perbukitan dan langsung landai menurun ke perairan laut. hal tersebut bisa kita jumpai di bagian Wilayah barat Kabupaten ini. pesisir pantai yang membentang panjang berupa pasir dan bebatuan karang yang menawan, sehingga selain tercium sebagai kawasan nelayan atau Sektor Perikanan. Daerah bagian barat ini juga bisa dikatakan memiliki potensi akan Sektor Pariwisata