Langsung ke konten utama

Sopo Guru Tatea Bulan, Asal Muasalnya Bangsa Batak | Kekayaan Bangsa

 jendeladunia16.com - Sopo Guru Tatea Bulan, Asal Muasalnya Bangsa Batak | Kekayaan Bangsa


Sopo Guru Tatea Bulan, Asal Muasalnya Bangsa Batak | Kekayaan Bangsa
pic by : eksplor_danautoba

Kekayaan Samosir akan budidaya peninggalan sejarah, adat istiadat yang melekat, merupakan kebanggaan sebagai etnis ibu pertiwi. Pulau samosir merupakan pulau yang menyimpan kekayaan alam serta tentang asal muasal bangsa batak.

Pulau samosir merupakan sebuah pulau vulkanik dengan ketinggian 100 meter di tengah danau toba, Sumatera Utara. Disinilah sejarah suku bangsa batak pertama kali menginjakkan kaki. Sampai saat ini sejarah bangsa batak masih banyak masyarakat yang ingin tau akan muasalnya bangsa batak. Baik itu suku melayu, dan juga jawa.

Sopo Guru Tatea Bulan, Asal Muasalnya Bangsa Batak | Kekayaan Bangsa
pic by : travelmatesiantar

Dalam sejarah bangsa batak, masyarakat batak percaya, bahwa awal mula manusia merupakan dari Debata Mula Jadi Nabolon. Sebutan masyarakat pada masa itu ialah Tuhan. Dari sejarah ini di abadikan dalam sebuah tempat yang disebut dengan Sopo Guru Tatea Bulan atau Istana Guru Tatea Bulan.

Sopo Guru Tatea Bulan, Asal Muasalnya Bangsa Batak | Kekayaan Bangsa
pic by : suankstonegmki

Tempat ini berisi patung-patung Siraja Batak dan keluarganya yang merupakan keturunan Raja Ihat atau Debata Mula Jadi Nabolon. Hingga saat ini masyarakat batak yang bermukim di pulau Samosir masih percaya bahwa Sopo Guru Tatea Bulan yang berada di pusuk buhit merupakan tempat pertama orang batak atau Siraja Batak. Bahkan tempat sangat sakral.

Singkatnya, disini kamu akan bisa menggali sejarah asal muasal bangsa batak. Disini kamu akan dipandu dengan guru kunci yang diberi kepercayaan sebagai penjaga Sopo Guru Tatea Bulan, dan beliau merupakan bapak limbong.

Disopo yang sakral ini kamu akan melihat patung, yang dimana patung ini dinamakan dengan nama Raja Ihat Manusia, oppu ini merupakan Si raja batak pertama kali, dengan istrinya yang asal muasala datang dari langit yang bernama Oppung Boru Tantan Debata. Dari situ lahirlah dua orang anak yang mungkin sudah gak asing lagi bagi bangsa batak.

Sopo Guru Tatea Bulan, Asal Muasalnya Bangsa Batak | Kekayaan Bangsa
pic by : alvinibakara

Anak pertama yaitu Oppung Guru Tatea Bulan, dengan memegang tongkat tunggal panaluan. Yang dimana ia sangat terkenal akan kesaktian nya seperti dewa. Oppu ini menikah dengan seorang wanita bernama Oppung Boru Siboru Baso Burning. Yang dimana oppung boru berasala dari kerajaan Bidadari.

Sopo Guru Tatea Bulan, Asal Muasalnya Bangsa Batak | Kekayaan Bangsa
pic by : alvinibakara

Anak ke dua atau adik dari Siraja batak Guru Tatea Bulan bernama Oppu Raja Isombaon, dengan istrtinya Oppung boru Nauli Na Basa.

Dari Sopo ini kamu akan lebih mengetahui  lagi akan muasal bangsa batak. Terkhususnya lagi buat kamu yang orang batak. Jika kamu kemari kamu akan tahu asal muasal bangsa batak dan juga Margamu. Tetap jaga tutur kata yang sopan dan jangan melakukan hal-hal yang aneh. Karena Pulau Samosir sangat begitu Sakral.

Manusia saat ini takkan bisa lepas dar sejarah leluhur mereka. Perjalanan sejarah nenek moyang  akan diabadikan sebagai kebanggaan etnis. Peninggalan sejarah akan dilestarikan sebagai kekayaan bangsa


Komentar

Postingan populer dari blog ini

22 Tempat Wisata Di Sumedang Terbaru Yang Menarik & Hits Tahun Ini

Wisata Sumedang -  Selain dikenal dengan makanan tahu, ternyata Sumedang punya banyak lokasi kekinian seru buat di jelajahi saat liburan akhir pekan atau akhir tahun bersama keluarga. Sumedang ialah salah satu Daerah tingkat II (dua) di Provinsi Jawa Barat yang terletak di dataran tinggi dan mayoritas berbukit serta dipenuhi kawasan hutan yang rindang pepohonan tinggi, menjadikan Kabupaten Sumedang salah satu Daerah yang potensial akan pengembangan sektor wisata alam. berbagai macam jenis objek wisata alam mulai dari air terjun, sumber mata air, danau hingga puncak pegunungan bakal menjadi santapan lezat buat ngusir rasa stres fikiran akibat banyaknya aktifitas kerja. Sedangkan untuk pelengkap nuansa keseruan, terdapat pula beragam wana spot foto kekinian yang di tebar di beberapa titik lokasi wisata alam hingga memunculkan suasana romantis serta daya tarik bagi setiap wisatawan saat lagi hunting keseruan di Sumedang. Ngak usah berlama - lama, berikut dibawah merupakan rekomendasi 22 t

60 Tempat Wisata di Jember Terbaru Yang Lagi Hits Tahun ini

Lagi nyari objek liburan di Jember? simak 60 Tempat Wisata di Jember terbaru tahun 2019 yang menarik dikunjungi ini aja, bakal ada wisata alam, kolam renang, wisata spot foto hits kekinian yang murah dan mewah serta buat liburanmu penuh sensasi yang tak terlupakan. Sebelum merangkum daftar tempat wisata, saya pengen mengulas sedikit tentang Daerah Jember, jika menilik pada data geografis, Kabupaten Jember merupakan sebuah wilayah di provinsi jawa timur yang terletak di pesisir laut selatan Pulau Jawa. selain itu, Kabupaten Jember juga di apit oleh beberapa Wilayah Kabupaten, diantaranya Bayunwangi di sebelah timur atau persisnya di perbatasan Taman Nasional Meru Betiri, kemudian ada Lumajang di sebelah barat dan Bondowoso di bagian utara. Kemudian secara topografi, Kabupaten Jember merupakan Wilayah yang memiliki banyak perbukitan gunung, seperti Pegunungan Iyang, Argapuro, Raung, Gambir, Mayang, Gumilir dan masih ada beberapa pegunungan kecil yang membentang luas, sehingga tak kaget k

24 Tempat Wisata Di Barru Yang Populer Dan Menarik Dikunjungi

Rencana Liburan ke Barru? ngak usah bingung, ini dia 24 rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Barru yang bisa anda kunjungi tahun 2019 bersama keluarga, pastinya seru, ngehits dan menarik buat hunting view spot yang instagramable yang bikin kita ketagihan. Sebelum menengok keindahan objek wisata Kabupaten Barru, ngak ada salahnya kita mengenal sedikit tentang Wilayah ini. Barru, salah satu Kabupaten dalam ruang lingkup Kepulauan Sulawesi yang secara administratif terletak di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Jika di lihat secara topografi, Kabupaten Barru berada di Daerah pesisir laut yang mana sebagian Wilayahnya berupa perbukitan dan langsung landai menurun ke perairan laut. hal tersebut bisa kita jumpai di bagian Wilayah barat Kabupaten ini. pesisir pantai yang membentang panjang berupa pasir dan bebatuan karang yang menawan, sehingga selain tercium sebagai kawasan nelayan atau Sektor Perikanan. Daerah bagian barat ini juga bisa dikatakan memiliki potensi akan Sektor Pariwisata